Saturday, July 11, 2009

Cara Membuat Hati Tenang


"Masih menyambung terjaganya aku dari rasa kantuk malam ini..."

Tahukah kamu bagaimana cara membuat hati lebih tenang saat Sedih, Gundah, Bimbang dan Marah melanda?Ada banyak cara yang dapat dilakukan dan berbeda-beda tiap individu. Namun untukku, aku punya cara sendiri mengatasinya:

1. Segera Sholat atau sekedar mengambil wudhu:

“Sesungguhnya marah itu dari syetan, sedangkan syetan diciptakan dari api, dan sesungguhnya api hanyalah dipadamkan dengan air, maka apabila salah seorang di antara kalian marah, hendaklah dia berwudhu.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Insyaallah Amarah akan berangsur-angsur mereda dan hilang hingga hati kembali tenang. Hal ini dikarenakan kandungan Air wudhu berkhasiat hebat seperti mineral (bahkan lebih hebat!) sehingga dapat menetralisir suhu tubuh yang naik. Orang yang berada dalam keadaan Marah, sedih, etc Suhu tubuhnya cenderung meningkat lalu kemudian otak merespon dan melanjutkannya pada syaraf2 motorik sehingga muncul tindakan-tindakan yang emosional & spontan. Tindakan tersbut tergantung dari tingkatan emosional seseorang, makin tinggi suhu tubuh yang diterima maka reaksi otak akan semakin aktif dan cenderung berlanjut pada respon-respon fisik. Air wudhu tersebut yang dapat menurunkan "High Temperature" tersebut.

2. Memperbanyak Dzikir dan membaca Istighfar:

"Dzikir yang mengandung syifa' itu mampu menenangkan perasaan dan menentramkan kalbu. Seperti firman Allah : "Orang orang beriman, hati mereka menjadi tentram, melalui dzikrullah. Karena dzikrullah dapat menenangkan hati." (Q.S Ar-Ra'du ayat 28)".

Dzikir merupakan penawar untuk mengobati batin, pembersih batin,mensucikan batin, menggemukan batin dan paling penting membuka "Nur Qalbi" serta menghancurkan ketulan darah kotor yang bergantung/bergayut di ujung jantung, yang dinamakan "Istana Iblis" itu. Itu yang lebih penting.Kuasa yang ada kepada zikir ia bisa menerangi seluruh hati kita dengan Cahaya Allah (Nurrullah). Ini akan terjadi apabila kita sudah memperoleh apa yang dinamakan "Piala" zikir. Apabila seluruh batin kita sudah diselimuti oleh zikrulah, maka seluruh batin kita akan cerah dan dapat berfungsi dengan baik .

Dengan kata lain, Zikir dapat mengobati hati dari segala macam penyakit hati, dzikir juga dapat menentramkan segala kesusahan hati. Maka hendaklah Kita memperbanyak Dzikir agar hati selalu diterangi oleh Cahaya dan segala yang kita rasakan buruk dapat menjadi baik.

3. Mengerjakan hal yang disuka, exm: Menulis


Pada saat hati sedang dihinggapi Rasa marah, kesal, sedih & bimbang. Menulis adalah hal yang sangat membantu menstabilkan emosiku. Semua perasaan buruk kuluapkan dalam bentuk tulisan (seperti ini ^^) sedikit banyak membantuku menghilangkan semua pikiran dan perasaan buruk itu. Aku merasa lega setelah menuangkan isi pikiranku dalam sebuah tulisan, dan justru dalam keadaan2 seperti ini Tulisanku jadi lebih terlihat "menjiwai" karena semua utuh dari hati. Semua warna rasa tergambar jelas dalam bait-bait kata yang kurentangkan dari tuts2 keyboard komputerku. Yang terbaik dari bagian ini adalah: Aku bisa kembali tersenyum. Semua Emosi telah kutitipkan pada sederet kata dan kupatri dalam bentuk kalimat.

4. Menangis lalu ... Tidur

Ya Ini jalan terakhir saat semua tak terbendung lagi, Womens Weapon ^^ saat semua sudah terasa berat , Airmata akan menjadi penolong buatku, lewat butiran bening itu aku menyampaikan semua perasaanku, lewat butiran bening itu aku membuang jauh-jauh keMarahanku. Lalu setelah puas dan lelah ... I'll take The Time To Sleep!

So, Good Night Everybody semoga besok pagi Cerah dan senyuman akan kembali menghiasi wajahku. InsyaAllah, Amin.



- Pe'lla'ngi -

No comments:

Post a Comment